Remah Harian

UNTUK APA MENCARI YESUS?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sabda Hidup

Kamis, 28 September 2023, Kamis Pekan Biasa XXV
Bacaan: Hag. 1:1-8Mzm. 149:1-2,3-4,5-6a,9bLuk. 9:7-9.

Herodes berkata: “Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?” Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.”

(LUK 9: 9)

Injil hari ini menceritakan Herodes yang gundah gulana karena rumor yang beredar tentang Yesus. Ada yang mengatakan Yohanes telah bangkit dari mati, padahal telah ia penggal kepalanya. Ada yang bilang Elia datang kembali, atau salah seorang dari para nabi. Dia bertanya-tanya tentang Yesus. Mana kabar baiknya? Kabar baiknya adalah bahwa Herodes berusaha agar dapat bertemu dengan Yesus.

Jika Herodes, penguasa Galilea, sangat ingin berjumpa dengan Yesus yang menurut rumor yang didengarnya Ia berkhotbah dan melakukan banyak mukjizat di Galilea, mengapa Herodes tidak benar-benar menemui-Nya sampai saat ketika Pontius Pilatus mengirim Yesus yang ditangkap kepadanya? Jadi, untuk apa ia berusaha untuk dapat bertemu dengan Yesus? Sekadar memenuhi rasa ingin tahu? Sekadar membuktikan rumor yang ia dengar?

Jelas, Herodes tidak benar-benar tertarik kepada Yesus dan apa yang diwartakan-Nya. Nampaknya Ia hanya ingin tahu tentang Yesus, yang mungkin bisa menghiburnya dengan mukjizat. Mungkin ia akan meminta-Nya berjalan di atas air melintasi kolam di istananya? Tetapi untuk percaya pada-Nya dan melakukan apa yang akan Ia tuntut; untuk mengakhiri hidup tak bermoral, seperti yang sudah diminta oleh Yohanes Pembaptis? No way!

Pertanyaan yang sama dapat diajukan kepada kita. Untuk apa kita mencari Yesus? Ada empat macam orang yang pergi ke gereja:

  1. Turis. Datang ke gereja sekadar melihat-lihat. Apalagi kalau ada keramaian di gereja.
  2. Seniman. Yang mau tampil di gereja. Atau untuk mengagumi arsitektur bangunannya yang bagus, lukisan yang indah-indah.
  3. Penonton. Apalagi kalau romonya adalah seorang stand-up-comedian yang handal. Ihhhh romonya lucuuuuu…..
  4. Orang Kristiani sejati, yang sungguh ingin berjumpa dengan Yesus, mendengarkan Sabda-Nya dan melakukannya.

Termasuk kategori yang manakah anda?

Author

Write A Comment