Remah Harian

ENGGAN BERTOBAT?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sabda Hidup

Selasa, 13 Juli 2021, Selasa Pekan Biasa XV

“Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung….. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.”

(Mat 11: 20 – 21. 23).

Dalam Injil hari ini Yesus mengecam tiga kota: Khorazim, Betzaida dan Kapernaum. Tiga kota tersebut terbentang tepat di utara Laut Galilea. Khorazim tak disebutkan di bagian lain dalam Injil. Betsaida adalah tempat asal Filipus, Andreas dan Petrus, dan tempat dimana Yesus menyembuhkan seorang yang buta. Kapernaum disebutkan beberapa kali dalam Injil dan merupakan tempat dimana banyak penyembuhan dan mukjizat Yesus dilakukan. Dapat dikatakan bahwa untuk suatu kurun waktu Kapernaum menjadi pusat pelayanan Yesus.

Yesus membandingkan kota-kota itu dengan Tirus dan Sidon yang adalah kota-kota yang melawan para nabi dari Perjanjian Lama dan dihukum Allah. Sedangkan menurut Kitab Kejadian, Sodom adalah kota yang dihancurkan oleh Allah karena kejahatannya pada zaman Abraham.

Yesus membandingkan tiga kota Yahudi itu dimana Ia melakukan banyak karya, dengan tiga kota kafir yang dikenal karena kejahatan luar biasa dan dihancurkan Allah, dengan menyatakan bahwa pada Hari Penghakiman, tiga kota Yahudi tersebut akan dihakimi lebih keras, karena keengganan mereka yang lebih besar untuk bertobat. Orang-orang dari ketiga kota tersebut berkeras hati, meski mereka mendengarkan pewartaan Yesus dan mengalami banyak mukjizat. Mereka tetap tinggal dalam cara hidup dalam dosa. Mereka tidak peduli dan tidak menanggapi sabda-Nya, mereka menolak untuk mengubah hidup mereka.

Jika kita peka, mukjizat-mukjizat Tuhan terjadi dalam hidup kita setiap hari. Apakah kita menyadari rahmat itu? Apakah itu mengubah hidup kita? Apakah dosa ketidakpedulian juga bercokol dalam hidup kita? Hidup yang dibangun atas tumpukan dosa-dosa akan runtuh.

Bacaan hari ini: Kel. 2:1-15a; Mzm. 69:3,14,30-31,33-34; Mat. 11:20-24.

Author

Write A Comment